Popular Post

Yamaha Jual X-Ride, Honda Tak Latah Sodorkan Zoomer X

Friday, April 26, 20131comments

VIVAnews – Yamaha Indonesia baru saja meluncurkan skutik trail X-Ride. Skutik yang dibanderol mulai Rp14,4 juta OTR Jadobetabek itu merupakan strategi mereka untuk mengejar seteru abadinya, Honda.

Genre skutik trail merupakan ceruk baru di pasar motor nasional. Artinya, X-Ride bisa melenggang di pasaran tanpa ada model pesaing dari kompetitor.

Lantas, apakah kehadiran X-Ride menjadi ancaman serius pangsa pasar skutik Honda, yang menyandang "raja" motor matik saat ini?

"Setiap perusahaan tentu punya strategi masing-masing. Jadi, tidak apa-apa kalau Yamaha lebih dulu, kami juga punya rencana yang lain,” kata Margono Tanuwijaya, Direktur Pemasaran Astra Honda Motor (AHM), saat dihubungi VIVAnews, Minggu 31 Maret 2013.

Menurut dia, Honda juga punya genre baru untuk model skutik yaitu Zoomer X. Namun, mereka masih mempertimbangkan untuk memasarkannya.

"Belum dalam waktu dekat ini, kami masih analisis dan mempelajari motor tersebut, karena pangsa pasar motor seperti ini tidak begitu besar," kata dia.

Ia berpendapat, pasar saat ini justru lebih potensial untuk model sport. Untuk itu, Honda di awal tahun ini terus melengkapi line-up sport mulai dari entry level sampai kelas premium.

Diketahui, Honda Zoomer-X telah diluncurkan di Thailand. Dengan desain yang berbeda dari skutik pada umumnya. Skutik ini menggunakan suspensi depan upside down panjang, dengan kedua pelek berukuran 12 inci, yang dibalut ban berukuran 100/90-12 (depan) dan 110/90-12 (belakang).

Masalah dapur pacu, Honda Zoomer-X mengusung mesin Scoopy injeksi, yakni satu silinder berkapasitas 108 cc, SOHC 2 klep, dan berpendingin udara, dengan konsumsi bahan bakar yang diklaim mencapai 53 km/liter. Di Thailand, motor ini dilepas dengan harga 51 ribu bath (Rp16 jutaan).

Sebelumnya, Marketing Director Executive Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Yutaka Terada, mengakui Yamaha buru-buru menyodorkan X-Ride lantaran berkaca pada kegagalannya di model skutik retro.

Diketahui, Yamaha Fino peluncurannya kalah cepat dengan kompetitor, yaitu Honda Scoopy. Hingga akhirnya Fino kalah tenar dibanding Scoopy.

"Yamaha ingin hadirkan X-Ride lebih dahulu, tidak seperti Fino yang telat, padahal sudah ada lama di Thailand," kata Terada. (art)
Share this article :

+ comments + 1 comments

Anonymous
November 28, 2013 at 4:10 PM

Hmm.

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. info - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger