Popular Post

Hati-Hati! Stres Bikin Gatal

Tuesday, April 23, 20130 comments

Gatal bisa dipicu oleh berbagai hal, antara lain alergi, infeksi (misalnya jamur), eksim, dan peradangan. Bisa juga disebabkan dari dalam tubuh, misalnya kekeringan kulit, perubahan hormonal, dan stres.

"Bagaimana stres bisa menyebabkan gatal? Sampai sekarang, ini masih menjadi perdebatan. Menurut beberapa penelitian, ada jalur psiko-neuro-dermato, yaitu jalur kejiwaan melalui syaraf pusat ke syaraf tepi (kulit), yang memicu keluarnya zat-zat penyebab rasa gatal di kulit. Tapi, masih belum bisa dipastikan, kondisi kejiwaan seperti apa, gatalnya seberat apa, dan lain sebagainya," dr. Tridia Sudirga SpKK dari klinik Polda, menjelaskan.

Namun, memang ada kelainan-kelainan tertentu di kulit yang berkaitan erat dengan pikiran. Contohnya, neurodermatitis atau liken simpleks kronis. Kelainannya berupa eksim menebal di beberapa area tertentu, biasanya di punggung tangan, punggung kaki, tengkuk, dan bibir kemaluan.

Rasa gatal itu biasanya muncul pada malam hari atau saat seseorang sedang bersantai dan istirahat. Sebab, saat sibuk bekerja, dia lupa akan gatal yang dirasakan. Lokasi eksim ini juga cukup khas, yaitu di area yang mudah dicapai oleh tangan dan mudah digaruk.

Ini artinya, orang yang sangat menjaga kebersihan pun bisa saja terkena eksim. "Orang yang bersih mungkin bebas kuman, tapi belum tentu bebas stres," tutur dr. Tridia.

Satu hal lagi, stres dan penyakit kulit itu punya hubungan timbal balik. Stres bisa menimbulkan penyakit kulit, tapi sebaliknya penyakit kulit juga bisa bikin stres! Ini seperti lingkaran yang sulit diputus. Gangguan pada kulit tentunya membuat penampilan seseorang jadi terganggu. Apalagi, jika eksimnya timbul di area yang bisa terlihat oleh orang lain. Akibatnya, dia jadi minder, sehingga akhirnya kualitas hidupnya terganggu.

Sumber: http://www.femina.co.id

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. info - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger