Popular Post

Inilah Plasmacluster Sharp, Rahasia Teknologi Jernihkan Udara

Monday, April 29, 20130 comments

Pemahaman sederhana, plasmacluster merupakan teknologi penjernih udara (air purifier) yang dikembangkan produsen perlatan rumah tangga canggih-canggih dari Jepang. Sejak tahun 2009, teknologi plasmacluster sudah dikembangkan oleh Sharp dan dijual di pasaran dunia. Penjualan Plasmacluster Sharp diklaim mencapai 20 juta unit.
Cara kerja teknologi ini, ion positif dan ion negatif yang dikeluarkan dari plasmacluster akan bekerja mencari mikro organisme berbahaya di udara atau yang menempel di peralatan. Kemudian Ion akan bereaksi ketika menempel pada permukaan mikro organisme, seketika itu pula ion berubah menjadi OH radikal dan menarik unsur hidrogen (H). Kemudian mikro organisme tidak aktif (non-aktif) dan penarikan OH radikal terhadap unsur hidrogen (H) akan kembali ke udara kemuduan menjadi kandungan air (H2O). Penjernihan udara dengan ion plasmacluster itu disebut metode penjernuhan udara aktif. Udara di ruangan menjadi bersih dan berkualitas seperti menghirup udara di hutan alam bebas.

Dengan teknologi plasmacluster konsentrasi ion tinggi itu, ternyata bukan saja mempu menjernihkan udara dan menghilangkan bau-bau dalam ruangan. Berdasarakan penelitian Fakultas Kedokteran UI tahun 2009, ion yang dihasilkan plasmaculster ternyata mampu mengurangi 99% virus berbahaya seperti virus influenza H5NH1 dan virus H1N1 yang menyerang manusia.
Penelitian dilakukan dalam ruangan tertentu dengan metode tertentu dalam jangka waktu 6 bulan. Hasil yang diperoleh 99% konsentrasi virus influenza yang digunakan dalam eksperimen teknologi plasmacluster menurun. “Dari penelitian ini setidaknya dapat diambil kesimpulan, Plasmacluster dari Sharp aman digunakan dalam ruangan untuk menekan konsentrasi virus influenza infeksius di dalam ruangan tertutup”.  Demikian penelitian FK-UI tersebut.
Teknologi penjernih udara yang aman bagi kesehatan dan ramah lingkungan serta hemat listrik, tentu menjadi kebutuhan setiap manusia modern saat ini.  Sebab tidak hanya di kota-kota besar, polusi udara di kota kecilpun menunjukkan peningkatan setiap tahun seiring dengan pertumbuhan industri penggunaan kendaraan bermotor serta produksi dan pembakaran sampah.
13523630181930518687Fakta Pencemaran Udara di Indonesia
Berdasarakan penelitian Pusat Pengendalian Dampak Lingkungan (Pusarpedal) di 30 kota menunjukkan, secara umum, udara hasil Total Suspended Partikulat (TSP) tahun 2006 melebihi baku mutu atau tidak layak dihirup. Antara lain, Jakarta, Denpasar, Semarang Surabaya dan Makassar, Medan, Palangkaraya, Pekanbaru, Jambi, Pontianak, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar. Masih menurut pantauan tersebut, Jakarta, sepanjang tahun 2006, hari yang tidak sehat mencapai 54 hari, hari sedang 231 hari dan 88 hari dikategorikan baik. Mungkin bila penelitian kembali dilakukan, jumlah hari yang tidak sehat di Jakarta atau di kota laian jumlahnya akan lebih banyak.
Penyebab pencemaran udara, tingginya aktifitas industri atau banyaknya kendaraan bermotor. Setiap hari ribuan sepda motor dan mobil bertambah di jalan raya. Semakian meningkatnya aktifitas kendaraan, semakin massif pula pembakaran bahan bakar fosil, pemakaian zat-zat kimia semprot ke udara termasuk pembakaran sampah rumah tangga. Pencemaran udara juga bisa disebabkan faktor alam, seperti seperti letusan gunung berapi, bau tidak enak akibat sampah organik.
Pencemaran udara lebih banyak tidak terlihat oleh mata telanjang. Di rumah, di kantor bahkan di jalan raya jarang sekali mendapat udara pekat hingga pengap saat dihirup sehingga kita merasa aman-aman saja. Sementara bila terjadi letusan gunung atau pembakaran sampah-sampah, akan terlihat udara pekat dan kitapun mudah menghindarinya atau melindungi pernafasan dengan masker.
Padahal belum tentu tingkat bahaya pencemaran udara yang pekat atau tidak kasat mata itu jauh lebih ringan. Banyak zat berbahaya di udara tidak mengeluarkan bau dan warna. Tak jarang kita mendengar berita, seseorang di dalam kendaraan ditemukan pingsna bahkan meninggal karena menghirup racun. Zat yang tidak berbau dan berwarna ini dalam ilmu kimia disebut Karbon Monoksida (CO), dihasilkan dari pembakaran tidak sempurna bahan bakar posil seperti gas dari pembuangan kendaraan bermotor.
Dapat dibayangkan, jika saat ini kita dan anggota keluarga tercinta sehari-hari menghirup udara yang tercemar. Sehari setiap orang menghirup udara hampir 3000 galon. Maka bisa disimpulkan pula, jika sepersekian persen udara yang kita hurup tercemar zat kimia berbahaya, berarti setiap hari meningkatkan penurunan mutu kesehatan. Pantas bila organisasi kesehatan dunia WHO memprediksi, lebih dari 800.000 kematian pertahun warga dunia akibat polusi udara. Sebuah angka yang tidak sedikit. Mengerikan bukan?
13523625151909251888Solusi Plasmacluster dari Sharp
Dari fakta-fakta di atas sedikit banyak memberi gambaran bahwa kesehatan manusia terancam hanya karena udara yang dihirup. Sharp terinpirasi akan kebutuhan kesehatan manusia itu sehingga muncullah teknologi plasmacluster yang mampu menjernihkan udara layak hirup dan lebih berkualitas.
Sardianto Bun seorang wiraswata dalam testimoni kepada Shrap mengatakan, “dua tahun sudah saya dan keluarga menikmati udara yang lebih bersih (dan jauh lebih sehat, tentunya) di dalam rumah saya, karena saya memakai penjernih udara Plasmacluster dari Sharp”.
Hal serupa dikatakan Dewi seorang karyawan. “Saya tertarik dengan Plasmacluster untuk tujuan kesehatan. Dalam banyak cara saya ingin memiliki hidup yang lebih sehat jadi teknologi Plasmacluster menarik”.
Selain dari sisi fungsi yang menakjubkan, bentuk plasmacluster Sharp juga tidak kaku seperti tampilan penjernih udara yang hanya menempel di dinding atau sudut ruangan. Karena tampilan dan bentuknya elegan,  Plasmacluster Sharp bisa dipindah-pindah baik di ruangan rumah atau kamar sesuai kebutuhan dengan ukuran yang disesuaikan hingga luas jangkauan penjernihan 19M2. Plasmacluster Sharp lebih kecil bisa juga disimpan  di meja  dengan menggunakan tenaga batrai dari laptop juga digunakan dalam mobil.
Dari properma seperti itu, memasang penjernih udara tidak ribet lagi. Plasmacluster Sharp tinggal simpan di ruang yang diinginkan jalankan dan ruangan akan segar, sesegar udara pagi di alam bebas. “Ion Plasmacluster dari Sharp, benar-benar pantas jadi pahlawan penjernih udara sehat”. (*)

Sumber : http://teknologi.kompasiana.com
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. info - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger