Popular Post

Permodelan : Teknologi Modern Pengangkat Air dari Sungai Opak ke Atas Gunung Gemak di Pundong, Bantul, Yogyakarta, Indonesia

Saturday, April 27, 20130 comments

Menaikkan air dari sungai Opak ke embung persegi didaerah bukit gunung dengan ketinggian 60 meter diatas permukaan tanah adalaha hal istimewa dan nyata di daerah ini. Penggunaan mesin dan pipa besar yang dimasukkan  ke dalam mata air dengan menggunakan mesin terbaru, merupakan metode yang digunkan untuk sistem ini. Dengan tujuan agar terpenuhinya kebutuhan air di daerah pegunungan, khusunya wilayah Selopamioro Pundong Bantul. Dengan sistem pendistribusian dari embung persegi puncak ke area masyarakat, dengan dataran yang lebih rendah dari sumber air semaikin memudahkan metode ini. Keterangan lebih lanjut dpat Anda perhatikan dari foto – foto langsung dari riset data d lapangan guna  analisa lebih lanjut mengenai kekurangan dan kelebihan dari sistim ini.
Foto 01
Pemandangan nyata tampak pegunungan dengan tanahnya yang kekeringan dan sungai Opak yang besar dengan debit a ir yang selalu ada dikala musim kemarau. Sebuah bangunan berwarna putih yang berisi pompa air digunakan untuk menyedot air dari sungai Opak untuk dinaikkan ke dalam penampung yang berada di puncak atas tersebut.

Foto 02
Seperti inilah keadaan sungai Opak jika dilihat dari atas. Terlihat membentang luas dan panjang dengan debit air yang dimilikinya. Air yang terlihat tersebut nantinya akan dimasukkan ke dalam bangunan dengan kotak yang terbuat dari cor beton juga ini.

Foto 03
Sebuah pondasi dengan warna biru ditengahnya, merupakan pintu masuknya air ke dalam pusat penyedotan dengan pompa mesin yang bervolume besar. Diharapkan dengan pintu ini, air dari sungai akan lancar masuk ke pusat sumber air yang disedot. Sehingga air yang dialirkan ke atas pegunungan tidak terhenti yang disebabkan oleh kehabisan stok sumber mata air.

Foto 04
Besi dengan warna biru ini, sengaja digunakan untuk menutup supaya dapat menghindarkan dari tangan- tangan jail maupun sampah dari sungai jika nantinya volum sungai membludak.
Foto 05
Di atas jeruji biru masih ada bangunan kotak dengan warna orange. Ini merupakan pipa utama untuk dimasukkan ke dalam sumber mata air. Dengan kedalaman kurang lebih 10 meter.

Foto 06
Satu pipa yang bersumber dua pipa ini menandakan bahwa mesin pompa yang digunakan ada dua, yang kemudian disatukan ke dalam satu pipa menuju ke atas.

Foto 07
Pipa ini diteruskan ke atas puncak dengan melewati jalan. Sehingga harus dibenamkan untuk keamanan dari pengguna jalan.

Foto 08
Dua sambungan pipa utama yang dimasukkan ke dalam sumber mata air  utama menuju satu pipa yang teruskan ke atas puncak pegunungan.

Foto 09
Keadaan pipa yang dimasukkan ke sumber mata air. Tampak genangan air yang setara dengan ketinggian sungai Opak.

Foto 10
Setelah diambil dari sungai, air yang semula dari pusat pompa dimasukkan ke dalam bangunan lagi.Yang berisi dengan pompa juga. Namun sebelum diteruskan ke atas lagi air ini diproses untuk pemurnian hingga layak dikonsumsi oleh masyarakat sekitar.

Foto 11
Tabung warna biru yang digunakan untuk pendukung sistem sanitasi dalam proses pra distribusi air bersih sebelum ke bangunan paling atas di pegununugan

Foto 12
Bagunan penampung paling atas yang sedang dalam proses pemasangan pipa besi yang masih belum terpasang.

Foto 13
Gambar sambungan pipa yang sudah siap untuk dipasang dengan pipa- pipa yang berasal dari pompa kedua yang berada dibawah lereng pegunungan.

Sumber : http://gravekorwlcs.wordpress.com
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. info - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger