Popular Post

Peluncuran Motor Listrik Terkendala Regulasi

Friday, April 19, 20130 comments

Bangkok - Kendala belum beredarnya High Performance Electric Motorcycle yang diimpor dari Negeri Paman Sam oleh PT Mitra Lestarindo (Mitra 2000) disebabkan belum adanya regulasi yang mengatur motor ramah lingkungan tersebut.

Pernyataan ini diungkapkan langsung oleh Managing Director Mitra 2000, Teddy Hartono di ajang Bangkok International Motor Show.

"Lagi diurus komulegasinya di departemen perhubungan. Dan mereka tidak siap dan tidak ada regulasinya. Mereka (Kementerian Perhubungan) tanya sepeda motor atau sepeda. Kita maunya bisa dipakai di jalan raya," katanya.

Menurutnya, pihaknya juga terkendala proses hak paten yang diakibatkan banyaknya kementerian terkait untuk perizinan serta kepolisian. "Dan semuanya masih belum mengatur regulasinya. Sama halnya dengan Kemenhub, mereka bilang ini bukan sepeda motor," tuturnya.

Meski begitu, Teddy tetap optimis, High Performance Electric Motorcycle akan bisa hadir dan bisa digunakan di jalan raya pada umumnya sepeda motor menggunakan bahan bakar minyak lainnya.

"Besok ada metting dari USA datang. Datang dari Zero Motorcycle kerjasama dengan TDR masuk ke Asean Market. Teknologi itu kan baru dan masuk ke Asean market dan belum di develop. Banyak dengan kaitan hak paten. Jadi sebelum paten itu menyebar harus masuk dulu supaya kita bisa cepet belajar dan tidak ketinggalan dengan negara lain dan polusi tidak makin meningkat," pungkas Teddy.

Sebelumnya, motor ini juga pernah diperkenalkan di pameran Jakarta Motorcycle (JMCS) 2012. Ketika itu, Mitra 2000 memperkirakan kalau harga mobil ini bisa mencapai Rp 200 jutaan.

Spesifikasi High Performance Electric Motorcycle :

Horsepower : 54 (40kW) dan torsi 92 Nm (68ft-lbs)
Top speed : 95 mph (153 km/h)
Weight : 125 kg
Cooling system : Air Cooled
Range : up to 220 km
Charging : 1 hour
Suspension : Monoshock
Fornt tire : 110/70-17
Rear Tire : 130/70-17
Front Suspension : up side down

Sumber : http://oto.detik.com
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. info - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger