Sebenarnya merawat motor tidak rumit dan semahal yang dibayangkan
sebagian orang. Pemeliharaan dan service rutin sudah tentu dibutuhkan.
Buat para bikers penunggang jupiter MX yang ingin motornya selalu tampil
prima, ada beberapa jenis perawatan rutin yang dapat kita kerjakan
sendiri dirumah. Selain hemat, juga nggak mesti sering-sering mampir
kebengkel. Berikut tipsnya :
1. Cek oli mesin
Jupiter
MX memerlukan kondisi oli mesin yang lebih intens daripada jenis motor 2
tak. Hal ini dikarenakan hampir semua komponen penggerak di blok mesin
terendam oli. Kurangnya kekentalan apalagi volumenya didalam mesin dapat
menyebabkan keausan. Buntutnya mesin bisa rontok akibat pelumasan yang
tidak sempurna. Kekentalan dan volume oli dapat kita periksa dengan
membuka tutup oli mesin dan melihat indikatornya dibatang tutup. Ganti
oli mesin maksimal jika jarak tempuh mencapai 2000 km.
2. Cek busi
Busi
sangat vital bagi mesin motor. Komponen ini yang memicu nyala mesin.
Perhatikan warna kepala busi, bersihkan dengan amplas halus kalau udah
kecoklatan atau ada karat. Seandainya masih layak pakai, dapat
dipergunakan kembali. Jika ada lengket kaya bekas oli, segera bersihkan
bonggol tutup busi dengan lap kering. Sebaiknya busi diganti kalau sudah
mencapai 12 ribu km. Perhatikan juga keadaan kabel koil yang
menghubungkan arus listrik ke busi, bila udah uzur terlihat ada
retak-retak dan keras, sebaiknya segera diganti.
3. Cek Filter Karburator
yamaha
jupiter MX menggunakan karburator tipe kering. Cara perawatannya cukup
mudah, yaitu tinggal disemprot dengan kompresor. Filter model ini
diganti paling telat 25 ribu km dan tidak boleh terkena oli atau minyak.
Filter oli pun harus diperhatikan. karena jupiter MX menggunakan filter
oli dan wajib diganti setiap kurang lebih 10 ribu km.
4. Cek Setelan Rantai dan Gir
Jangan
biarkan rantai terlalu kendor atau terlalu kencang. Bila rantainya
kendor, cukup disetel. Tapi kalau kering, cukup diolesi dengan oli
khusus rantai (chain lube). Biasanya, rantai harus diganti kalau sudah
mencapai 25 ribu hingga 35 ribu km. Jangan lupa memeriksa kondisi gir.
Jika sudah terlihat tajam, lekas ganti, karena bisa bikin rantai copot
bahkan putus mendadak.
Tapi kalau yang kita pakai jenis motor Matic
semisal Yamaha Mio yang menggunakan V/Belt, rantainya tidak dapat
disetel dan wajib diganti setiap 25 ribu km. Bila rantai dan gir sudah
beres, sekalian periksa kampas rem depan dan belakang, ganti bila sudah
terlihat menipis.
5. Membersihkan Karburator
Bersihkan
bagian pilot dan main jet motor. Yamaha jupiter MX menggunakan tipe
Vakum sehingga maksimal putarannya 2 ½ berlawanan arah jarum jam. Untuk
penyetelan klep motor dapat dilakukan setiap 12 ribu hingga 18 ribu km.
6. Cek Kondisi Aki
Accu
atau aki juga ada 2 jenis, kering dan basah. Untuk jenis aki kering
yang tak memerlukan perawatan khusus. Tapi setiap tiga tahun, maksimal,
harus diganti. Sedangkan motor yang menggunakan aki basah, lakukan cek
air aki setiap 10 ribu km. Bila air akinya kering, segera diisi.
Ciri-ciri aki basah yang kondisi sudah lemah adalah motor tidak kuat
starter. Nggak usah maksa motor menyala dengan cara didorong karena
dapat merusak gigi transmisi.
7. Panaskan Mesin Motor
Selalu
panaskan mesin sebelum dijalankan. Hal ini amat dianjurkan agar
sirkulasi oli dapat melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak.
Nggak usah lama-lama, cukup 1-2 menit saja. Kalau kelamaan bisa-bisa
pipa knalpot menguning.
8. Gunakan Sparepart (Suku Cadang) Asli
Memang, suku cadang asli sedikit lebih mahal. Namun lebih tahan lama dan kualitasnya pun terjamin di banding yang palsu.
Selain
beberapa hal di atas, penting juga untuk selalu memeriksa tekanan ban.
Ban yang terlalu keras atau kurang angin bisa mengakibatkan kembang ban
menjadi rusak.
Jika rutin mengerjakan pemeriksaan dan perawatan
tadi, dijamin motor kita berumur panjang, ngga ngerepotin dan selalu
siap tempur… semoga beberapa tips diatas dapet membantu para bikers agar
lebih mudah merawat motor anda..
Sumber : http://hargamotorkredit.blogspot.com
Home Tisp dan Cara Merawat Yamaha Jupiter Mx
Post a Comment