Popular Post

2013 Honda Scoopy FI . . . Apa Yang membuatnya Lebih Baik ?

Monday, April 8, 20130 comments

Scoopy_FI
Bro sekalian, walaupun sudah berkali kali memberitakan tentang rencana kehadiran Honda Scoopy FI mulai dari men decode TPT sampai merilis Gambar Leaking Scoopy FI sebelum Peluncuran, sampai memberitakan nya saat dipeluncuran, Baru Sabtu kemarin 16 Februari 2013 TMCBlog melihat Honda Scoopy FI secara langsung dan merasakan Impresi mengemudikannya. Skutik Retro Modern yang dibandrol 13,9 Juta Rupiah OTR Jakarta ini ditargetkan dapat terdistribusi sebanyak 15 ibu Unit Perbulan Oleh AHM . . . sebuah angka yang cukup menyiratkan semangat optimisme . . . Optimis banget pak? Sebenarnya apa sih yang membuat Optimis? Apasih Yang membuat Scoopy FI ini Lebih Baik ?

Scoopy_Fi_O2_sensor
Jujur tmcblog berani bilang walaupun notabenenya Scoopy FI ini lebih mahal 150 ribu dibanding Scoopy Karburator . . . akan tetapi Nilai Valuenya lebih besar dibanding Scoopy Karburator.  Kita Mulai dari jeroan Mesinnya ya bro. Mesin Scoopy FI ini adalah mesin 110 cc yang sebenarnya sama / mirip dengan mesin Beat FI. Sama seperti Beat FI, minimal ada  sensor dan part yang sepertinya membuat Mesin Scoopy FI lebih ramah lingkungan Sensor O2plus Katalitic converter. Gambar O2 sensor berhasil tmcblog jepret tapi katalitik converter belom sempet foto, soale nggak dibawa sama AHM cutting mufflernya :) Value pertama . . . Gas buang lebih ramah lingkungan . . . . . . secara teori sih iya, akan tetapi butuh data lab tentunya untuk menjustifikasi lebih lanjut.

Scoopy_Fi_camshaft
Mesinnya sama pleq dengan mesin Beat FI . .. perbedaannya ada di derajat pengapian dimana ‘nafas’ mesin Scoopy FI sedikit ‘lebih pendek’ dibandingkan Nafas raungan mesin Beat FI . . . artinya secara performa Scoopy FI yang Top Speed menurut Klaim AHM adalah 90 kpj ( sepertinya menggunakan GPS) masih sedikit di bawah Beat FI, imho
Scoopy_Fi_fin
Fin/ sirip pada head silinder Scoopy FI dibuat lebih banyak . ..  tujuannya apa? agar disipasi (pelepasan) panas semakin cepat karena arena untuk melepas panas lebih banyak . ..  inget dong hukum fisika, laju pelepasan kalor berbanding lurus dengan luasan daerah  . . . nggak inget . . . ya sudah lupakan qiqiqiiqqi :mrgreen:
Scoopy_Fi_belt
Scoopy_Fi_roller
Gimana Masuk ke masalah penggerak rodanya . . .masih menggunakan Teknologi Honda V-Matic akan tetapi ada beberapa perbedaan antara Scoopy Karburator dan Scoppy FI . . . Roller Scoopy FI (warna kuning krem, diameter sekitar 1,8 cm dengan berat 13 gram )  memiliki dimensi lebih besar ( dibandingkan Roller Scoopy Karburator (warna hitam, diameter sekitar 1,6 cm dengan berat 12 gram )  . ..  trus as Pulleynya dibuat lebih dalam sehingga tutup CVT baik bagian luar maupun dalam praktis berbeda banget . . . Ttutup CVT Scoopy Lama punya ketrikan AHM, sedangkan Yang Scoopy FI menggunakan Pihak ketiga untk membuatnya yakni Chemco.  Belt Scoopy FI dibuat lebih panjang 5 mm dibanding Belt Scoopy Karburator
projie_ScoopyFI
Headlamp Projector . . . Walau penempatan Lampu projector bener bener menjadi way of communication dari Honda Scoopy FI ini, tmcblog melihatnya adalah sebagai update diferensiasi yang lumrah dilakukan. Dengan Diferensiasi ini Honda Scoopy FI berusaha mencengkeram mindset Konsumen lebih dalam . ..  skutik pertama yang menggunakan Lampu Projector. Lampu Bohlam Yang digunakan adalah Bohlam Halogen . . . kurang ah Harusnya Yang Xenon ? haaa?? nanti butuh mika yang lebih tahan panas lagi walau ternyata xenon lebih dingin akan tetapi butuh balast. ..  tambah harga lagi . . . cost nambah nanti brooo . . . Halogen Juga dan Cukup laaah, lagi pula sinar kuningnya aman kalo dipakai saat kondisi Hujan, cmiiw, imho.
lampu-sen_scoopy_fi
Lampu Sen? Kalo menurut tmcblog sih lampu dnegan batang seperti Scoopy lama masih terasa lebih retro dibanding lampu sen sekarang yang menyatu dengan body motor. . . . hmmm mungkin karena selama ini mindset retro tmcblog mengacu pada motor sport yah he he he he, kalo mengacu ke Vespa sih memang lampu sen dari dulu memang berada nempel di body he he he
Bagasi Yang lebih besar . ..  Kalo tmcblog bandingkan dengan Bagasi Scoopy Karbu, jelaaaasss, bagasi Scoopy FI yang 15,4 Liter jauh lebih besar artinya jauh lebih fungsional untk membawa bagasi. TMCBlog sudah mencoba denngan memasukkan helm open Face ke dalam bagasi dan memang masuk dengan sempurna, begitu pula bila dimasukkan Tas Ransel . . . masuk sempurna. . . .
Scoopy_Fi_bagage_lock
Pembuka bagasinya berada di dekat lubang kunci, ini menurut tmcblog cukuppositif, karena beberapa kali tmcblog ketinggalan kunci di cantelan samping skutik sesaat setelah membuka bagasi . . .mungkin dengan ini  kasus kunci ketinggalan bisa dikurangi . . . hmmm semua ini hanya lebih tinggi 150 ribu rupiah broo . . . silahkan dikomentari dan semoga berguna

Sumber : http://tmcblog.com
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. info - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger