Brand ini didirikan di Detroit pada November 1911, oleh seorang
pembalap Louis Chevrolet dan pendiri General Motors, William C. "Billy"
Durant, yang mengembangkan berbagai jenis mobil yang cepat memperoleh
reputasi baik untuk performa, daya tahan, dan nilai. Karakteristik
tersebut tetap menjadi inti dari Chevrolet, yang merupakan brand
otomotif keempat terbesar di dunia.
Sejak awal, Chevrolet membawa teknologi dan fitur-fitur, yang
biasanya hanya khusus ditampilkan di mobil-mobil mewah, pada deretan
mobil dan truk dengan harga yang lebih terjangkau. Chevrolet pertama —
Seri C Classic Six — menawarkan starter listrik dan lampu utama
listrik secara bersamaan, padahal pada saat itu fitur ini masih sangat
jarang bahkan di antara mobil mewah. Beberapa dekade kemudian, inovasi
seperti kaca keamanan, injeksi bahan bakar, anti-lock brakes, dan
electronic stability control systems digunakan pada model-model
Chevrolet pada saat semakin banyak mobil mahal bermunculan. Sebagai
salah satu brand penjualan di industri ini, cara adopsi teknologi dalam
Chevrolet telah mengubah penerapan teknologi pada kendaraan baru.
Chevrolet juga telah membuat performa lebih terjangkau. Mesin
four-cylinder dan six-cylinder awal dikenal karena daya tahannya dan
performa yang kuat, tapi pada tahun 1955 saat Chevrolet mengenalkan
small-block V-8 merupakan era baru bagi performa tinggi yang terjangkau.
Mesinnya dapat menghidupkan jutaan mobil dan truk untuk 50 tahun ke
depan, dengan warisan yang terus diturunkannya pada generasi baru
small-block V-8s yang digunakan saat ini pada truk dan SUV, dan juga
mobil-mobil performa tinggi, termasuk Camaro SS dan Corvette.
Karakteristik performa small-blok V-8 membantu untuk membentuk
Chevrolet sebagai dorongan dalam segala bentuk pada olahraga otomotif.
Mobil balap yang didukung Chevrolet segera menjadi pesaing mobil-mobil
stok yang juga menjadi semakin matang dan dunia drag racing pada tahun
1950 tumbuh mendominasi mereka ke beberapa dekade ke depan. Chevrolet
merupakan brand pemenang di ajang NASCAR dan telah mendapatkan lebih
banyak Piala NHRA Pro Stock Manufacturers dibandingkan dengan brand
lain.
Desain yang Merupakan Warisan
Rancangan merupakan landasan Chevrolet dan banyak modelnya yang
telah menjadi icon budaya Amerika. Model Soaring fins dari 1957 Chevy
Bel Air melambangkan optimisme Jet Age, sementara 1963 Corvette Stingray
yang halus dianggap oleh banyak sejarawan otomotif sebagai salah satu
mobil dengan tampilan terbaik yang pernah dibuat,
Rancangan model Chevrolet yang lain telah memberikan dampak budaya
yang teresonansi selama berabad-abad. Camaro, diperkenalkan pada tahun
1967, membawa desain yang hebat dan performa yang terjangkau, pada para
pelanggan muda. Rancangan model generasi kelima yang terinspirasi dari
warisan Chevrolet dan diperkenalkan pada tahun 2010, telah laris dengan
cepat di antara pesaing utamanya.
Pada dunia truk, inovasi rancangan Chevrolet membantu pengendara
mengubah dan menciptakan pasar baru di industri. Suburban diperkenalkan
pada tahun 1935 dan terus menjadi salah satu merek otmotif yang lama
bertahan di sejarah industri ini. Konsepnya yang membawa lebih banyak
penumpang dan kapasitas kargo terus menjadi benar selama 76 tahun.
Pada tahun 1955, Chevrolet Cameo Carrier edisi spesial memperkenalkan
rear fender yang halus untuk pertama kalinya pada pickup yang banyak
beredar. Gaya yang berbeda tersebut memberikan truk sebuah tampilan yang
lebih halus dan berkelas yang membedakan dari rancangan "pinggiran" dan
tradisional pada jenis truk-truk lama. Dalam beberapa tahun,
keseluruhan industri tersebut telah bertransformasi. Bantalan pinggir
yang halus pada sisi kargo, yang kemudian dikenal sebagai gaya
"fleetside", ditemukan pada setiap truk di pasar.
Tahun-Tahun Awal
Louis Chevrolet kelahiran Swiss (1878-1941) adalah seorang
pembalap, mekanik, dan industri perintis. William C. "Billy" Durant
(1861-1947) merupakan seorang pemasar otomotif yang visioner. Durant
mendirikan General Motors pada tahun 1908 saat reputasi Chevrolet
menjadi pembalap yang berani — ia memecahkan sebuah rekor kecepatan
darat pada tahun 1905, yang menjangkau 111 mph pada sebuah sebuah balap
mobil khusus yang terbuka — terus berkembang. Durant merekrut Chevrolet
untuk balapan kelas atas dan mempromosikannya.
Pada tahun 1910, Durant dikeluarkan dari perusahaan yang ia bangun,
tapi ia tetap tidak terhalangi untuk terus berkecimpung di industri
otomotif. Ia mengumpulkan kembali para partner, termasuk Chevrolet,
untuk mengembangkan mobil baru. Durant percaya bahwa reputasi Chevrolet
sebagai seorang pembalap akan mampu menjual mobil tersebut, jadi ia
menggunakan nama Chevrolet pada mobil tersebut. Perusahaan Chevrolet
didirikan pada tahun 1911 dan mobil pertamanya, Series C Classic Six,
merupakan mobil yang besar dan didesain dengan hati-hati. Mesin
six-cylinder 4.9L (299 inci kubik) yang besar menghasilkan 40 tenaga
kuda dan mampu menghasilkan kecepatan sampai 65 mph. Mobil ini terjual
dengan harga $2,150 atau setara dengan hampir $50,000 sekarang, saat
disesuaikan dengan inflasi.
Walaupun harganya yang mahal, Chevrolet dihargai atas gaya, presisi,
dan kenyamanannya. Durant juga menghasilkan sebuah mobil yang lebih
kecil dan terjangkau, yang disebu the Little. Penjualan kedua jenis
mobil tersebut sangat kuat, tapi Durant menyadari bahwa kekuatan dari
area pemula dan mengarahkan perusahannya ke arah tersebut. Chevrolet
Series C dan the Little diproduksi sampai tahun 1913. Pada tahun 1914,
platform dasar Little dibuat ulang sebagai Chevrolet Model L dan
kemudian pada tahun yang sama, Model H dirilis.
Deretan Chevrolet yang difokuskan ulang segera mendulang sukses,
berkat adanya harga yang sesuai dan mesin four-cylinder yang kuat dan
terbukti tahan lama. Walaupun perusahaan telah memperoleh kesuksesan,
Durant dan Chevrolet mempunyai pandangan filosofis yang berbeda mengenai
produk perusahaan. Perang dingin antara mereka akhirnya membuat Durant
membeli saham Chevrolet di perusahaan pada tahun 1915. Pelanggan
akhirnya mengakui visi Durant dan penjualan Chevrolet terus berkembang.
Keberhasilan tersebut membuat Durant mampu membeli sejumlah saham utama
yang berpengaruh di General Motors pada tahun 1916. Pada tahun 1917,
Durant kembali dengan helm GM dan Chevrolet menjadi salah satu
divisinya.
Durant meninggalkan General Motor pada tahun 1920. Ia membuat
perusahaan mobil lain dan menjadi salah investor Wall Street yang
menonjol. Pasar saham yang anjlok pada tahun 1929 memberikan dampak yang
fatal terhadap kedua usaha kerasnya. Ia bangkrut pada tahun 1936. Ia
meninggal pada tahun 1947 dan dimakamkan di Woodlawn Cemetery di Bronx,
New York.
Louis Chevrolet juga kehilangan hartanya saat terjadi Great
Depression. Ia kembali memanfaatkan kemampuan vokasionalnya, dan bekerja
sebagai seorang mekanik di pabrik Chevrolet di Detroit. Ia meninggal
pada tahun 1941 dan dimakamkan di Indianapolis, dekat dengan arena balap
yang terkenal saat ia mengukuhkan reputasinya sebagai seorang pembalap
yang berani sekaligus inovator.
Masuk ke Abad Berikutnya
Volt yang dapat dikendarai dengan listrik, membawa Chevrolet
masuk ke abad keduanya dan meredefinisikan arti sebuah mobil. Mobil
jenis ini merupakan mobil elektrik dengan bahan bakar bensin berdaya
jangkau luas pertama yang diproduksi di dunia, dengan kemampuan sampai
379 mil dari total
jangkauan†.
Hal ini berarti Volt memberikan manfaat sebuah mobil elektrik tanpa
batasan jangkauan sehubungan dengan mobil listrik lain di pasaran —
memperluas batasan performa dan efisiensi. Oleh karena itu, mobil ini
telah meredefinisikan arti mobil dan menjadi contoh warisan Chevrolet
yang memperkenalkan penggunaan teknologi canggih pada mobil yang
dikendarai secara umum.
Filosofi untuk melihat ke depan yang membawa Volt dari konsep menjadi
produksi juga bertanggung jawab terhadap produk-produk seperti Equinox
dan Cruze, yang ceritanya diakui oleh banyak pujian kritis, rekomendasi
pihak ketiga, dan pertumbuhan angka pelanggan yang baru dengan
Chevrolet. Sama halnya, dengan Camaro dan Corvette melanjutkan warisan
selama enam-dekade yang memberikan nilai performa tinggi, membawa
teknologi canggih pada mobil balap yang terjangkau. Pada sisi truk,
Silverado memberikan kapabilitas terhebat dalam sejarah panjang truk
Chevy, dengan kapabilitas dan efisiensi yang lebih tinggi dibandingkan
yang lain. Kendaraan ini dikembangkan dengan tetap melihat Chevy pada
masa lampau, memastikan bahwa mereka tetap menjadi brand sejati yang
berkomitmen untuk membawa teknologi ke lebih banyak orang.
Tahun ini, Chevrolet akan meluncurkan all-new Sonic di Amerika Utara.
Tahun depan, Spark akan masuk ke Amerika, membawa semangat Chevrolet ke
sebuah mobil kecil yang nyaman dikendarai dengan tingkat efisiensi
tinggi dan segmen yang terus bertumbuh. Chevrolet juga terus menggali
sejumlah konsep baru dan segmen produk baru, membangun momentum yang
berjalan seiring kesuksesan produk yang dirilisnya, sehingga dapat
membawa kendaraan Chevy ke area yang lebih luas dengan pelanggan yang
lebih beragam.
Cruze, Sonic, dan Spark merupakan produk-produk Chevrolet yang tumbuh
dalam masa global ini. Memang, lambang Chevy "bowtie" terlihat pada
banyak mobil di lebih dari 130 negara dan Chevrolet berpengaruh besar
terhadap hubungan dunia luas untuk mengembangkan produk yang sesuai
dengan selera dan kebutuhan lokal, namun juga tetap membawa gaya
trademark, nilai, dan performa brand ini. Prosedur perkembangan yang
terus dibagikan dengan pusat teknis dan desain di seluruh dunia juga
membantu menciptakan mobil yang aman dan efisien. Contohny, Cruze,
menawarkan 10 standar air
bags† dan model Cruze Eco menawarkan jarak tempuh EPA yaitu 42 MPG di jalan raya.
Chevrolet masuk abad keduanya dengan momentum yang hebat. Seratus
tahun 100 ke depan akan melihat Chevrolet memodifikasi mobil untuk
memenuhi kebutuhan dari kelompok masyarakat yang berkembang dan sumber
daya yang berubah — semuanya tetap dengan gayanya yang iconic,
performa, dan nilai
Sumber : http://www.dapurpacu.com
Post a Comment