Brand ini didirikan di Detroit pada November 1911, oleh seorang
 pembalap Louis Chevrolet dan pendiri General Motors, William C. "Billy"
 Durant, yang mengembangkan berbagai jenis mobil yang cepat memperoleh 
reputasi baik untuk performa, daya tahan, dan nilai. Karakteristik 
tersebut tetap menjadi inti dari Chevrolet, yang merupakan brand 
otomotif keempat terbesar di dunia.
Sejak awal, Chevrolet membawa teknologi dan fitur-fitur, yang 
biasanya hanya khusus ditampilkan di mobil-mobil mewah, pada deretan 
mobil dan truk dengan harga yang lebih terjangkau. Chevrolet pertama   —
  Seri C Classic Six   —  menawarkan starter listrik dan lampu utama 
listrik secara bersamaan, padahal pada saat itu fitur ini masih sangat 
jarang bahkan di antara mobil mewah. Beberapa dekade kemudian, inovasi 
seperti kaca keamanan, injeksi bahan bakar, anti-lock brakes, dan 
electronic stability control systems digunakan pada model-model 
Chevrolet pada saat semakin banyak mobil mahal bermunculan. Sebagai 
salah satu brand penjualan di industri ini, cara adopsi teknologi dalam 
Chevrolet telah mengubah penerapan teknologi pada kendaraan baru.
Chevrolet juga telah membuat performa lebih terjangkau. Mesin 
four-cylinder dan six-cylinder awal dikenal karena daya tahannya dan 
performa yang kuat, tapi pada tahun 1955 saat Chevrolet mengenalkan 
small-block V-8 merupakan era baru bagi performa tinggi yang terjangkau.
 Mesinnya dapat menghidupkan jutaan mobil dan truk untuk 50 tahun ke 
depan, dengan warisan yang terus diturunkannya pada generasi baru 
small-block V-8s yang digunakan saat ini pada truk dan SUV, dan juga 
mobil-mobil performa tinggi, termasuk Camaro SS dan Corvette.
Karakteristik performa small-blok V-8 membantu untuk membentuk 
Chevrolet sebagai dorongan dalam segala bentuk pada olahraga otomotif. 
Mobil balap yang didukung Chevrolet segera menjadi pesaing mobil-mobil 
stok yang juga menjadi semakin matang dan dunia drag racing pada tahun 
1950 tumbuh mendominasi mereka ke beberapa dekade ke depan. Chevrolet 
merupakan brand pemenang di ajang NASCAR dan telah mendapatkan lebih 
banyak Piala NHRA Pro Stock Manufacturers dibandingkan dengan brand 
lain.
 
     Desain yang Merupakan Warisan
      Rancangan merupakan landasan Chevrolet dan banyak modelnya yang
 telah menjadi icon budaya Amerika. Model Soaring fins dari 1957 Chevy 
Bel Air melambangkan optimisme Jet Age, sementara 1963 Corvette Stingray
 yang halus dianggap oleh banyak sejarawan otomotif sebagai salah satu 
mobil dengan tampilan terbaik yang pernah dibuat,
Rancangan model Chevrolet yang lain telah memberikan dampak budaya 
yang teresonansi selama berabad-abad. Camaro, diperkenalkan pada tahun 
1967, membawa desain yang hebat dan performa yang terjangkau, pada para 
pelanggan muda. Rancangan model generasi kelima yang terinspirasi dari 
warisan Chevrolet dan diperkenalkan pada tahun 2010, telah laris dengan 
cepat di antara pesaing utamanya.
Pada dunia truk, inovasi rancangan Chevrolet membantu pengendara 
mengubah dan menciptakan pasar baru di industri. Suburban diperkenalkan 
pada tahun 1935 dan terus menjadi salah satu merek otmotif yang lama 
bertahan di sejarah industri ini. Konsepnya yang membawa lebih banyak 
penumpang dan kapasitas kargo terus menjadi benar selama 76 tahun.
Pada tahun 1955, Chevrolet Cameo Carrier edisi spesial memperkenalkan
 rear fender yang halus untuk pertama kalinya pada pickup yang banyak 
beredar. Gaya yang berbeda tersebut memberikan truk sebuah tampilan yang
 lebih halus dan berkelas yang membedakan dari rancangan "pinggiran" dan
 tradisional pada jenis truk-truk lama. Dalam beberapa tahun, 
keseluruhan industri tersebut telah bertransformasi. Bantalan pinggir 
yang halus pada sisi kargo, yang kemudian dikenal sebagai gaya 
"fleetside", ditemukan pada setiap truk di pasar.
 
 
 
 
     Tahun-Tahun Awal
      Louis Chevrolet kelahiran Swiss (1878-1941) adalah seorang 
pembalap, mekanik, dan industri perintis. William C. "Billy" Durant 
(1861-1947) merupakan seorang pemasar otomotif yang visioner. Durant 
mendirikan General Motors pada tahun 1908 saat reputasi Chevrolet 
menjadi pembalap yang berani — ia memecahkan sebuah rekor kecepatan 
darat pada tahun 1905, yang menjangkau 111 mph pada sebuah sebuah balap 
mobil khusus yang terbuka — terus berkembang. Durant merekrut Chevrolet 
untuk balapan kelas atas dan mempromosikannya.
Pada tahun 1910, Durant dikeluarkan dari perusahaan yang ia bangun, 
tapi ia tetap tidak terhalangi untuk terus berkecimpung di industri 
otomotif. Ia mengumpulkan kembali para partner, termasuk Chevrolet, 
untuk mengembangkan mobil baru. Durant percaya bahwa reputasi Chevrolet 
sebagai seorang pembalap akan mampu menjual mobil tersebut, jadi ia 
menggunakan nama Chevrolet pada mobil tersebut. Perusahaan Chevrolet 
didirikan pada tahun 1911 dan mobil pertamanya, Series C Classic Six, 
merupakan mobil yang besar dan didesain dengan hati-hati. Mesin 
six-cylinder 4.9L (299 inci kubik) yang besar menghasilkan 40 tenaga 
kuda dan mampu menghasilkan kecepatan sampai 65 mph. Mobil ini terjual 
dengan harga $2,150 atau setara dengan hampir $50,000 sekarang, saat 
disesuaikan dengan inflasi.
Walaupun harganya yang mahal, Chevrolet dihargai atas gaya, presisi, 
dan kenyamanannya. Durant juga menghasilkan sebuah mobil yang lebih 
kecil dan terjangkau, yang disebu the Little. Penjualan kedua jenis 
mobil tersebut sangat kuat, tapi Durant menyadari bahwa kekuatan dari 
area pemula dan mengarahkan perusahannya ke arah tersebut. Chevrolet 
Series C dan the Little diproduksi sampai tahun 1913. Pada tahun 1914, 
platform dasar Little dibuat ulang sebagai Chevrolet Model L dan 
kemudian pada tahun yang sama, Model H dirilis.
Deretan Chevrolet yang difokuskan ulang segera mendulang sukses, 
berkat adanya harga yang sesuai dan mesin four-cylinder yang kuat dan 
terbukti tahan lama. Walaupun perusahaan telah memperoleh kesuksesan, 
Durant dan Chevrolet mempunyai pandangan filosofis yang berbeda mengenai
 produk perusahaan. Perang dingin antara mereka akhirnya membuat Durant 
membeli saham Chevrolet di perusahaan pada tahun 1915. Pelanggan 
akhirnya mengakui visi Durant dan penjualan Chevrolet terus berkembang. 
Keberhasilan tersebut membuat Durant mampu membeli sejumlah saham utama 
yang berpengaruh di General Motors pada tahun 1916. Pada tahun 1917, 
Durant kembali dengan helm GM dan Chevrolet menjadi salah satu 
divisinya.
Durant meninggalkan General Motor pada tahun 1920. Ia membuat 
perusahaan mobil lain dan menjadi salah investor Wall Street yang 
menonjol. Pasar saham yang anjlok pada tahun 1929 memberikan dampak yang
 fatal terhadap kedua usaha kerasnya. Ia bangkrut pada tahun 1936. Ia 
meninggal pada tahun 1947 dan dimakamkan di Woodlawn Cemetery di Bronx, 
New York.
Louis Chevrolet juga kehilangan hartanya saat terjadi Great 
Depression. Ia kembali memanfaatkan kemampuan vokasionalnya, dan bekerja
 sebagai seorang mekanik di pabrik Chevrolet di Detroit. Ia meninggal 
pada tahun 1941 dan dimakamkan di Indianapolis, dekat dengan arena balap
 yang terkenal saat ia mengukuhkan reputasinya sebagai seorang pembalap 
yang berani sekaligus inovator.
 
 
 
   Masuk ke Abad Berikutnya
Volt yang dapat dikendarai dengan listrik, membawa Chevrolet 
masuk ke abad keduanya dan meredefinisikan arti sebuah mobil. Mobil 
jenis ini merupakan mobil elektrik dengan bahan bakar bensin berdaya 
jangkau luas pertama yang diproduksi di dunia, dengan kemampuan sampai 
379 mil dari total 
jangkauan†.
 Hal ini berarti Volt memberikan manfaat  sebuah mobil elektrik tanpa 
batasan jangkauan sehubungan dengan mobil listrik lain di pasaran  — 
memperluas batasan performa dan efisiensi. Oleh karena itu, mobil ini 
telah meredefinisikan arti mobil dan menjadi contoh warisan Chevrolet 
yang memperkenalkan penggunaan teknologi canggih pada mobil yang 
dikendarai secara umum.
Filosofi untuk melihat ke depan yang membawa Volt dari konsep menjadi
 produksi juga bertanggung jawab terhadap produk-produk seperti Equinox 
dan Cruze, yang ceritanya diakui oleh banyak pujian kritis, rekomendasi 
pihak ketiga, dan pertumbuhan angka pelanggan yang baru dengan 
Chevrolet. Sama halnya, dengan Camaro dan Corvette melanjutkan warisan 
selama enam-dekade yang memberikan nilai performa tinggi, membawa 
teknologi canggih pada mobil balap yang terjangkau. Pada sisi truk, 
Silverado memberikan kapabilitas terhebat dalam sejarah panjang truk 
Chevy, dengan kapabilitas dan efisiensi yang lebih tinggi dibandingkan 
yang lain. Kendaraan ini dikembangkan dengan tetap melihat Chevy pada 
masa lampau, memastikan bahwa mereka tetap menjadi brand sejati yang 
berkomitmen untuk membawa teknologi ke lebih banyak orang.
Tahun ini, Chevrolet akan meluncurkan all-new Sonic di Amerika Utara.
 Tahun depan, Spark akan masuk ke Amerika, membawa semangat Chevrolet ke
 sebuah mobil kecil yang nyaman dikendarai dengan tingkat efisiensi 
tinggi dan segmen yang terus bertumbuh. Chevrolet juga terus menggali 
sejumlah konsep baru dan segmen produk baru, membangun momentum yang 
berjalan seiring kesuksesan produk yang dirilisnya, sehingga dapat 
membawa kendaraan Chevy ke area yang lebih luas dengan pelanggan yang 
lebih beragam.
Cruze, Sonic, dan Spark merupakan produk-produk Chevrolet yang tumbuh
 dalam masa global ini. Memang, lambang Chevy "bowtie" terlihat pada 
banyak mobil di lebih dari 130 negara dan Chevrolet berpengaruh besar 
terhadap hubungan dunia luas untuk mengembangkan produk yang sesuai 
dengan selera dan kebutuhan lokal, namun juga tetap membawa gaya 
trademark, nilai, dan performa brand ini. Prosedur perkembangan yang 
terus dibagikan dengan pusat teknis dan desain di seluruh dunia juga 
membantu menciptakan mobil yang aman dan efisien. Contohny, Cruze, 
menawarkan 10 standar air 
bags† dan model Cruze Eco menawarkan jarak tempuh EPA yaitu 42 MPG di jalan raya. 
Chevrolet masuk abad keduanya dengan momentum yang hebat. Seratus 
tahun 100 ke depan akan melihat Chevrolet memodifikasi mobil untuk 
memenuhi kebutuhan dari kelompok masyarakat yang berkembang dan sumber 
daya yang berubah  — semuanya tetap dengan gayanya yang iconic, 
performa, dan nilai
Sumber : http://www.dapurpacu.com 
 
Post a Comment