"Mio Fino diluncurkan sekarang ini untuk menjawab kebutuhan wanita
yang tak ingin tampil biasa-biasa saja. Mereka kini bisa tampil lebih fashionable dan banyaknya varian Mio Fino menjawab kebutuhan itu," ungkap Dyon di sela-sela peluncuran Mio Fino di Denpasar, Bali.
Komparasi
Di pasar nasional, Fino bersaing dengan Scoopy. Meski terlambat,
Yamaha menawarkan Mio Fino dengan tampilan lebih atraktif melalui desain
stripping dengan 3 varian, masing-masing Classic, Fashion, dan Sporty yang tersedia dalam (total) tujuh pilihan warna.
Sementara itu, Honda hanya punya satu varian dengan lima pilihan. Namun, Scoopy punya dua fitur keselamatan, brake lock, dan standar samping otomatis (side stand switch) yang tidak terdapat pada Fino.
Urusan harga, Mio Fino lebih kompetitif dengan banderol Rp13,5 juta-Rp 13,65 juta per unit (on the road
Jakarta), sementara Scoopy dibanderol Rp 13,725 juta per unit. Dengan
dua karakteristik yang berbeda dari setiap merek, pilihan sepenuhnya ada
di tangan konsumen. Berikut spesifikasi lengkap kedua sepeda motor.
Silakan pilih!
Spesifikasi
|
Honda Scoopy
|
Yamaha Mio Fino
|
Panjang x lebar x tinggi
|
1.844 x 699 x 1.070 mm
|
1.830 x 705 x 1.050 mm
|
Jarak sumbu roda
|
1.240 mm
|
1.240 mm
|
Jarak terendah ke tanah
|
150 mm
|
125 mm
|
Berat kosong
|
94 kg
|
94 kg
|
Tipe rangka
|
Tulang punggung
|
Steel pipe underbone
|
Tipe suspensi depan
|
Teleskopik
|
Teleskopik
|
Tipe suspensi belakang
|
Lengan ayun dengan peredam kejut tunggal
|
Lengan ayun dengan peredam kejut tunggal
|
Ukuran ban depan
|
80/90 - 14 M/C 40P
|
70/90 - 14M/C 34P
|
Ukuran ban belakang
|
80/90 - 14 M/C 46P
|
89/90 - 14M/C 40P
|
Rem depan
|
Cakram hidraulis dengan piston tunggal
|
Cakram hidraulis dengan
piston tunggal |
Rem belakang
|
Tromol
|
Tromol
|
Kapasitas tangki bahan bakar
|
3,5 liter
|
4,1 liter
|
Tipe mesin
|
4 langkah, SOHC
|
4 Langkah, SOHC
|
Diameter x langkah
|
50 x 55 mm
|
50,0 x 57,9 mm
|
Volume langkah
|
108 cc
|
113,7 cc
|
Perbandingan kompresi
|
9,2 : 1
|
8,8 : 1
|
Daya maksimum
|
8,28 PS/8.000 rpm
|
8,35 PS/8.000 rpm
|
Torsmi aksimum
|
0,85 kgf.m/5.500 rpm
|
7,84 Nm/7.000 rpm
|
Kapasitas minyak pelumas mesin
|
0,7 liter pada penggantian periodik
|
Total: 0,9 liter dan 0,8 liter pergantian periodik
|
Kopling otomatis
|
otomatis, sentrifugal, tipe kering
|
otomatis, sentrifugal, tipe kering
|
Gigi transmisi
|
Otomatis V-Matic
|
CVT Otomatis
|
Pola pengoperan gigi
|
xxx
|
xxx
|
Starter
|
Pedal dan elektrik
|
Pedal dan elektrik
|
Aki
|
MF 12 V - 3 Ah
|
YTZ4V (MF battery)/
GTZ4V (MF battery) |
Busi
|
ND U24EPR9, NGK CPRBEA-9
|
C7HSA (NGK)/U22 FS-U (DENSO)
|
Sistem pengapian
|
DC-CDI, Baterai
|
DC-CDI, Baterai
|
Editor :
Bastian
+ comments + 17 comments
Wow keren.
Wow keren.
Wow keren.
Wow unik asik.
Ya.
Ya apakah itu perbedaannya.
Ya.
Hmm.
Ha.
Keren.
Keren banget.
Ha.
Itu perbedaanya.
Ya itu perbedaanya.
Itu perbedaannya.
Yaa.
Keren:)
Post a Comment