Mesin 4 tak 110 cc Built In Liquid Cooled Radiator. Honda Vario 
dilengkapi dengan mesin 4 tak 110 cc, dan berpendingin radiator. Mesin 
Honda Vario
mempunyai perbandingan kompresi 10,7 : 1, sehingga dengan kapasitas 
mesin yang 110 cc, dapat menghasilkan tenaga yang besar. Radiator 
berfungsi untuk menjaga agar suhu mesin selalu dalam kondisi stabil, dan
 membuat mesin lebih awet….
Radiator Honda Vario terbuat dari aluminium yang dilengkapi dengan kipas
 radiator yang menyatu dengan mesin. Sehingga lebih cepat membuang panas
 mesin dan efisien dalam menjaga suhu mesin.
Karena dilengkapi dengan radiator pendingin, maka pemakai Honda Vario 
wajib rajin memeriksa kondisi system pendingin. Baik itu kebocoran, 
jumlah cairan pendingin, dan kondisi cairan pendingin itu sendiri. 
Cairan pendingin (radiator coolant) tidak boleh di ganti dengan air 
biasa. Cairan pendingin radiator terbuat dari formula khusus, yang 
kegunaannya antara lain : tidak mudah mendidih, tidak mudah menguap, dan
 tidak mudah menimbulkan korosi/karat. Maka agar mesin awet, disarankan 
selalu melakukan pemeriksaan rutin dan mengganti cairan pendingin dengan
 yang baru setiap 10.000 km, atau 1 tahun, mana yang tercapai lebih 
dahulu.
Transmisi Otomatis 
Honda Vario dilengkapi dengan penyalur tenaga transmisi otomatis. 
Sehingga sangat mudah dioperasikan, karena tidak diperlukan perpindahan 
gigi transmisi secara manual. Tinggal starter, gas, dan jalan. 
Penyaluran tenaga dari mesin untuk memutar roda belakang dihubungkan 
oleh sabuk atau yang biasa disebut belt, yang berbentuk huruf “V”, maka 
kadang ada yang menyebut V – Belt. Agar performa sepeda motor selalu 
dalam kondisi baik, maka wajib dilakukan pemeriksaan kondisi belt secara
 berkala.
Tujuannya adalah untuk membersihkan debu – debu yang berada diruang 
belt, yang dapat menyebabkan terganggunya proses pemindahan/penyaluran 
tenaga (biasanya selip). Dan disarankan untuk menggantinya setiap 24.000
 km.
Karburator + Cuk Otomatis 
Karburator Honda Vario menggunakan type Vacuum Karburator. Cara kerja 
karburator model ini adalah, kabel gas tidak langsung terhubung dengan 
skep karburator, seperti model konvensional. Keuntungan menggunakan 
karburator type ini adalah bahan bakar masuk kedalam mesin sesuai dengan
 kebutuhan mesin itu sendiri, berdasarkan kevakuman yang terjadi di 
intake manifold. Sehingga hal ini akan mengakibatkan pemakaian bahan 
bakar yang efisien. Sebagai komponen mesin yang sangat fital, maka 
karburator wajib dibersihkan setiap 2000 km. Karburator Honda Vario juga
 dilengkapi dengan cuk otomatis. Pada saat mesin dingin cuk otomatis 
akan bekerja, yang membantu mempermudah mesin hidup saat di start awal. 
Dan pada saat mesin sudah panas maka cuk otomatis tidak bekerja. 
Sehingga sangat praktis.
Handle Brake Lock 
Fitur lain Honda Vario adalah handle brake lock atau rem tangan. Yang 
berfungsi pada saat parkir ditempat yang menanjak atau menurun, sepeda 
motor tidak akan meluncur, karena roda belakang terkunci. Untuk 
mengoperasikan system pengaman ini, tinggal tarik tuas rem belakang, 
kemudian tarik kearah yang sama tuas kecil yang berada didepan handle 
rem. Kemudian lepaskan handle rem, maka handle rem belakang akan 
terkunci, begitu juga roda belakang juga akan terkunci.
Untuk keselamatan pengendara, Honda Vario dilengkapi dengan side stand 
switch atau saklar pengaman yang berapa di standar samping. Fungsi dari 
alat ini adalah mesin tidak bisa hidup, jika standar samping masih pada 
posisi turun. Ini untuk menghindari kecelakan yang biasa disebabkan oleh
 karena pengendara yang lupa menaikkan standar samping. Switch ini 
terhubung dengan modul mesin yang akan memberikan sinyal sesuai dengan 
posisi standar samping
http://dedipoenya.blogspot.com/2009/06/teknologi-dan-tips-perawatan-honda.html
HomeTeknologi dan Tips Perawatan Honda Vario

Post a Comment