Mesin 4 tak 110 cc Built In Liquid Cooled Radiator. Honda Vario
dilengkapi dengan mesin 4 tak 110 cc, dan berpendingin radiator. Mesin
Honda Vario
mempunyai perbandingan kompresi 10,7 : 1, sehingga dengan kapasitas
mesin yang 110 cc, dapat menghasilkan tenaga yang besar. Radiator
berfungsi untuk menjaga agar suhu mesin selalu dalam kondisi stabil, dan
membuat mesin lebih awet….
Radiator Honda Vario terbuat dari aluminium yang dilengkapi dengan kipas
radiator yang menyatu dengan mesin. Sehingga lebih cepat membuang panas
mesin dan efisien dalam menjaga suhu mesin.
Karena dilengkapi dengan radiator pendingin, maka pemakai Honda Vario
wajib rajin memeriksa kondisi system pendingin. Baik itu kebocoran,
jumlah cairan pendingin, dan kondisi cairan pendingin itu sendiri.
Cairan pendingin (radiator coolant) tidak boleh di ganti dengan air
biasa. Cairan pendingin radiator terbuat dari formula khusus, yang
kegunaannya antara lain : tidak mudah mendidih, tidak mudah menguap, dan
tidak mudah menimbulkan korosi/karat. Maka agar mesin awet, disarankan
selalu melakukan pemeriksaan rutin dan mengganti cairan pendingin dengan
yang baru setiap 10.000 km, atau 1 tahun, mana yang tercapai lebih
dahulu.
Transmisi Otomatis
Honda Vario dilengkapi dengan penyalur tenaga transmisi otomatis.
Sehingga sangat mudah dioperasikan, karena tidak diperlukan perpindahan
gigi transmisi secara manual. Tinggal starter, gas, dan jalan.
Penyaluran tenaga dari mesin untuk memutar roda belakang dihubungkan
oleh sabuk atau yang biasa disebut belt, yang berbentuk huruf “V”, maka
kadang ada yang menyebut V – Belt. Agar performa sepeda motor selalu
dalam kondisi baik, maka wajib dilakukan pemeriksaan kondisi belt secara
berkala.
Tujuannya adalah untuk membersihkan debu – debu yang berada diruang
belt, yang dapat menyebabkan terganggunya proses pemindahan/penyaluran
tenaga (biasanya selip). Dan disarankan untuk menggantinya setiap 24.000
km.
Karburator + Cuk Otomatis
Karburator Honda Vario menggunakan type Vacuum Karburator. Cara kerja
karburator model ini adalah, kabel gas tidak langsung terhubung dengan
skep karburator, seperti model konvensional. Keuntungan menggunakan
karburator type ini adalah bahan bakar masuk kedalam mesin sesuai dengan
kebutuhan mesin itu sendiri, berdasarkan kevakuman yang terjadi di
intake manifold. Sehingga hal ini akan mengakibatkan pemakaian bahan
bakar yang efisien. Sebagai komponen mesin yang sangat fital, maka
karburator wajib dibersihkan setiap 2000 km. Karburator Honda Vario juga
dilengkapi dengan cuk otomatis. Pada saat mesin dingin cuk otomatis
akan bekerja, yang membantu mempermudah mesin hidup saat di start awal.
Dan pada saat mesin sudah panas maka cuk otomatis tidak bekerja.
Sehingga sangat praktis.
Handle Brake Lock
Fitur lain Honda Vario adalah handle brake lock atau rem tangan. Yang
berfungsi pada saat parkir ditempat yang menanjak atau menurun, sepeda
motor tidak akan meluncur, karena roda belakang terkunci. Untuk
mengoperasikan system pengaman ini, tinggal tarik tuas rem belakang,
kemudian tarik kearah yang sama tuas kecil yang berada didepan handle
rem. Kemudian lepaskan handle rem, maka handle rem belakang akan
terkunci, begitu juga roda belakang juga akan terkunci.
Untuk keselamatan pengendara, Honda Vario dilengkapi dengan side stand
switch atau saklar pengaman yang berapa di standar samping. Fungsi dari
alat ini adalah mesin tidak bisa hidup, jika standar samping masih pada
posisi turun. Ini untuk menghindari kecelakan yang biasa disebabkan oleh
karena pengendara yang lupa menaikkan standar samping. Switch ini
terhubung dengan modul mesin yang akan memberikan sinyal sesuai dengan
posisi standar samping
http://dedipoenya.blogspot.com/2009/06/teknologi-dan-tips-perawatan-honda.html
HomeTeknologi dan Tips Perawatan Honda Vario
Post a Comment