Popular Post

perkembangan teknologi sipil

Saturday, March 2, 20130 comments

Pada Perkembangan teknologi sipil saat ini , dituntut seorang Engineer untuk dapat mengikuti perkembangan dan Teknologi yang saat ini sangat pesat. Baik dalam Design ,Rancangan / Rekayasa , Bahan ( material ) maupun alat - alat dengan teknologi canggih dan terbaru. Hal ini menuntut perhatian lebih para praktisi konstruksi , Konsultant ,Para Engineer dalam Bidang Rekayasa Sipil.Inovasi - inovasi harus terus dilahirkan untuk dapat melayani kebutuhan masyarakat dalam kehidupanya.masalah sempitnya lahan dan kontur nya harus dapat menjadi inspirator penciptaan inovasi-inovasi rekayasa sipil agar pelaksanaan pembangunan yang dilaksanakan tidak tergantung dan terhambat oleh keterbatasan tsb. Peran dunia pendidikan dan penelitian diharapkan mampu menciptakan inovasi dan teknologi - teknologi baru menghadapi perkembangan teknologi material dan kondisi existing tanah.


<b> MISI PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL

Peningkatan kualitas sumber daya manusia dirasa sangat mendesak , terutama sumber daya yang menguasai lmu pengetahuan dan Teknologi. Indonesia sebagai negara berkembang memerlukan banyak sumber daya yang mampu mengikuti perkembangan Iptek shg dapat bersaing dengan Bangsa-bangsa lain di Dunia sangat kompetitif dan sangat berat persaingan.salah satu permasalahan dalam dunia produksi di Indonesia adalah lemahnya daya saing yang diakibatkan beberapa faktor, diantaranya rendahnya kualitas SDM dan penguasaan IPTEK kedua adalah permasalahan Language dalam dunia Pasar , lemahnya penguasaan dan pengolahan managemen mengakibatkan rendahnya efisiensi dan produktivitas. Oleh karena itu tantangan selanjutnya adalah bagaimana meningkatkan mutu produk dan proses produksi ,produktivitas efisiensi dan inovasi melalui pemanfaatan , pengembangan dan peguasaan IPTEK.Sementara Indonesia dalam perekonomiannya dalam dekade ini agak rentan terhadap krisis Ekonomi Dunia maupun hanya terimbas ekonomi dari luar. sehingga ikut mempengaruhi peningkatan produktifitas yang akan dihasilkan dunia sipil.
Peran dunia pendidikan dalam menangani masalah tersebut sangat penting mengingat upaya peningkatan kualitas tenaga kerja indonesia menjadi tanggung jawab bersama antara lain Dunia Pendidikan , pemerintah dan masyarakat , jasa tenaga kerja , lembaga pelatihan- pelatihan teknologi dan organisasi -organisasi profesional.perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan memiliki tanggung jawab yang cukup besar dalam memenuhi kebutuhan akan SDM yang berkualitas dan berdaya saing.memahami masalah tersebut , salah satu solusi yang harus ditempuh adalah dengan memperbaiki sistem pendidikan dalam negeri agar mampu melahirkan sumber daya yang dapat disejajarkan dan dapat bersaing dengan lulusan luar negeri. Sumber : http://sistrucrekman.blogspot.com/2010/07/perkembangan-teknologi-sipil.html
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. info - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger