Popular Post

Motor matic injeksi irit - yamaha mio J

Sunday, March 17, 20130 comments

Motor matic injeksi irit harga murah, inilah slogan yang diusung Yamaha Indonesia ketika meluncurkan produk varian motor matic injeksi terbarunya, Mio J. Sesuai slogan tersebut, Yamaha telah menepis anggapan banyak orang bahwa motor matic lebih boros konsumsi bahan bakar dan susah dalam perawatan, apalagi soal harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan motor bebek biasa.

Varian motor matic atau biasa disebut skutik alias scooter matic keluaran Yamaha ini hadir dengan teknologi dan desain yang benar-benar berbeda dengan berbagai keunggulan yang tidak dimiliki oleh motor sejenisnya. Melalui review sederhana ini, saya akan mencoba mengulas dari berbagai aspek seperti apa motor matic injeksi Yamaha Mio J ini.

Add Image Yamaha Writing Competition

Teknologi Motor Matic Injeksi Irit Yamaha Mio J

Motor Matic Injeksi Irit Berteknologi YMJET-FI

YMJET-FI merupakan kepanjangan dari Yamaha Mixture JET-Fuel Injection. Sebuah teknologi FI (Fuel Injection) yang unik dan khas Yamaha karena dikembangkan sendiri oleh para tenaga ahli Yamaha untuk diterapkan pada motor cc kecil, khususnya skutik. Secara umum, desain struktur tidak terlalu jauh berbeda dengan sistem injeksi konvensional dimana fuel pump berada di dalam tangki bahan bakar dan bensin disalurkan ke injector yang akan menyemprotkan bahan bakar bercampur udara yang berasal dari throttle body ke ruang pembakaran.

Akan tetapi, Yamaha merancang perbedaan mendasar pada jalur supply udara yang dibagi menjadi dua, air assist passage (saluran pipa kecil) dan main air passage (saluran pipa besar). Kedua jalur supply udara ini bekerja bergantian dengan menyesuaikan kebutuhan udara yang dideteksi dari rpm mesin motor tanpa mengurangi tenaga yang dihasilkan. Deteksi rpm mesin dilakukan oleh ECU (Electronic Control Unit). Sistem kerjanya, ketika rpm mesin rendah atau dibawah 5 ribu rpm, udara disalurkan melalui air assist passage dan apabila rpm mesin tinggi atau diatas 5 ribu rpm, udara disalurkan melalui main air passage. Tugas untuk penggantian jalur udara ini dilakukan oleh dua klep sebagai ‘gerbang’ nya, yakni klep downstream dan klep upstream.

Hembusan udara yang lebih kecil, membuat semprotan bahan bakar lebih sedikit dan proses pembakaran sempurna. Inilah yang membuat Mio J lebih irit bahan bakar, karena konsumsi bahan bakar akan menyesuaikan rpm mesin. Konsumsi bahan bakar bisa di tekan hingga mencapai 30%. Hemat bukan?

Teknologi Pendukung Motor Matic Yamaha Mio J

Selain teknologi YMJET-FI yang mampu membuat konsumsi bahan bakar pada mesin lebih irit, masih ada teknologi pendukung yang membuat Mio J lebih irit dan tetap bertenaga. Teknologi pendukung yang dimaksud adalah Diasil Cylinder dan Forged Piston, Low Friction Engine Technology dan Fuel Pump.

  • Diasil Cylinder dan Forged Piston; digunakan untuk meningkatkan kompresi dan kestabilan piston clearance. Diasil Cylinder mampu bekerja sangat dinamis saat terjadi tekanan atau kompresi karena tersusun dari material campuran bahan besi dan silikon. Jarak Forged Piston dan dinding Diasil Cylinder yang tetap terjaga membuat piston clearance tetap stabil.
  • Low Friction Engine Technology; pengembangan teknologi ini bertujuan untuk mengurangi segala jenis friksi atau gesekan. Tingkat friksi yang rendah akan membuat mesin terjaga pada suhu yang lebih rendah sehingga mampu menekan konsumsi bahan bakar. Penerapannya adalah pada bagian Cam Shaft (ditambah dengan Bearing khusus) dan Cranksaft Assy sehingga membuat putaran menjadi lebih mulus dan efek panas mesin bisa sangat rendah. Sebagai tambahan dalam sistem pendinginan, Yamaha menggunakan Turbo Fan untuk mempercepat proses pendinginan mesin.
  • Fuel Pump; memiliki struktur yang sangat compact (padat), low electricity consumption (konsumsi listrik lebih rendah), dan good fuel consumption (kemampuan kontrol injeksi bahan bakar dari tangki ke mesin).


Fitur-fitur Motor Matic Yamaha Mio
Mio J tampil dengan berbagai keunggulan dan keunikan yang khas diberikan oleh Yamaha. Selain teknologinya yang mendukung untuk lebih irit dan tetap bertenaga, motor matic injeksi ini memiliki fitur dan desain yang begitu mengerti keinginan dan kebutuhan konsumennya.

Motor matic injeksi ini dirancang sedemikian rupa agar mudah dipakai oleh siapapun, nyaman dikendarai oleh pria dan wanita dengan desain dan pilihan warna yang tidak terlalu “norak” sehingga cocok untuk kalangan muda dan orang tua. Dimensinya memiliki panjang x lebar x tinggi yaitu 1,85 x 0,7 x 1,05 meter. Artinya, skutik ini sesuai dengan ukuran fisik rata-rata orang Indonesia yang tidak terlalu tinggi sehingga nyaman ditunggangi oleh siapa saja.

Untuk kenyamanan saat diduduki, jok dibuat lebih lebar dan panjang. Hal ini juga mendukung untuk memberi ruang yang lebih luas pada bagasi motor, 8,1 liter. Skutik ini memiliki kapasitas tangki bahan bakar 4,8 liter. Karena sudah menggunakan teknologi YMJET-FI, penggunanya tidak perlu sering-sering ke SPBU untuk mengisi bahan bakar lagi.

Dalam hal penampilan, Mio J Indonesia terlihat lebih kalem dibandingkan versi Thailand. Dipasangi lampu depan dengan sistem “head light on” untuk memperkecil resiko kecelakaan. Lampu belakang lebih simpel dengan warna bening yang tidak menyilaukan. Dilengkapi speedometer yang keren dan mudah dibaca.

Ada dua tipe Mio J dengan style yang menyesuaikan penggunanya. Mio J Family yang diperuntukkan bagi kalangan umum atau keluarga yang tampil dengan desain dinamis, lebih kalem, simpel dan elegan dengan tetap berkarakter sporti. Ada lima pilihan warna untuk tipe ini, yaitu merah, putih, biru, hijau, dan hitam.

Add Image Yamaha Writing Competition

Sementara Mio J Teen yang memiliki tampilan lebih trendi, sporti dan dinamis memang dikhususkan bagi kalangan remaja. Tipe ini di desain berdasarkan kombinasi 3-tone color dalam setiap motor, tampak pada bagian cover depan dan cover head lamp, spackboard depan, cover sayam samping dan cover body belakang, serta cover bagian bawah. Sama dengan Mio J Family, tipe ini juga memiliki lima pilihan warna, hitam – putih – merah, hitam – hijau – abu-abu muda, putih – biru – abu-abu muda, putih – hitam – abu-abu muda, dan putih – merah – abu-abu muda.

Add Image Yamaha Writing Competition


Desain dan Spesifikasi Motor Matic Yamaha Mio J
Yamaha Mio J memiliki mesin 113 cc, 4-langkah, 2-valve, SOHC berpendingin kipas, dan bertenaga maksimum 7,75 PS pada 8.500 rpm dengan torsi maksimum 8,5 Nm pada 5.000 rpm. Dilengkapi dengan sistem electric starter dan kick starter dengan sistem pelumasan basah yang memiliki kapasitas oli mesin 0,85 liter.

Motor matic injeksi ini memiliki tipe transmisi V-belt otomatis dengan pola pengoperasian transmisi CVT otomatis. Yang tidak bisa dilupakan adalah teknologi terbaru Yamaha, YMJET-FI, beserta teknologi pendukung seperti di atas yang membuat pembakaran lebih sempurna dan irit bahan bakar namun tetap bertenaga untuk tetap melaju dengan kencang.

Untuk urusan harga, Yamaha sendiri memasang banderol dengan harga yang lebih murah, masing-masing:

  • Mio J YMJET-FI harga Rp 11.990.000
  • Mio J CW YMJET-FI harga Rp 12.800.000
  • Mio J CW Teen YMJET-FI harga Rp 12.930.000

Note: Harga berdasarkan harga on the road Jakarta

Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah

Dari ulasan di atas, dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa Mio J memang sebuah motor matic yang unik, berteknologi canggih dan mutakhir, memiliki fitur dan desain yang menarik, user friendly, irit bahan bakar namun tetap tangguh dan bertenaga, ramah lingkungan, dengan harga yang sangat ekonomis. Masih banyak hal lagi yang bisa diungkap dan diulas dari motor matic injeksi irit harga murah tersebut. Pembaca tidak perlu khawatir karena Yamaha menyediakan informasi yang lebih lengkap di situs resmi nya. Silahkan mengunjungi situs resmi Yamaha Indonesia di www.yamaha-motor.co.id sebagai sumber referensi dan informasi utama mengenai Yamaha Mio J, motor matic injeksi irit harga murah.

Sumber : http://seosaja.com
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. info - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger